Friday, January 8, 2016

CARA INSTAL LEPTOP BLANK YANG HANYA MUNCUL KURSOR

INSTAL ULANG LAPTOP ACER ASPIRE E1-431

Berikut ini ingin saya bagikan trik menginstal leptop yang tampilannya blank dan hanya mucul kursor saja.
Hari ini  saya diminta bantuan oleh rekan kerja perihal leptp beliau yang heng. menurut beliau sebenarnya yang bermasalah hanya laptep tersebut tidak bisa ngeprint.
Kalau hanya tidak pisa untuk print, hemat saya berarti ini leptop tidak bermasalah. karena paling instal printer atau mungkin salah printah pada proses printer hingga tidak mau konek dengan prin yang dipakai.
Kemudian saya mencoba membuka leptop tersebut. setelah dibuka ini leptop tak ada tampilan apa-apa hanya kursor yang mau di ajak kesana-kemari.
Karena penasaran saya bertanya kepada pemilik leptop.. lo kok leptonya kaya gini ngga ada tampilan apa-apa.. kata beliau ngga tau tadi cuma ngga bisa print lalu saya minta tolong sifulan untuk benarin ternyata malah kaya gini. dalam hati gua sifulan itu kemarin barusan ngotak pinter ruangan sebelah hingga erorr ini nambah lagi kerjaan buat gua.
Akhirnya karena tidak enak hati dan uda dekat waktu sholat jumat saya harus benarin. saya meminta beliau untuk ambilkan casan lepotop dan biarkan leptop sampai selesai solat jumat.
setelah solat jumat.. pingin segera ke kantor dengan harapan agar bisa online sebentar, namun pas masuk ruangan terlihat sebuah leptop di atas meja. akhirnya kubuka kembali leptop ini.
Semua cara dilakukan tidak bisa masuk ke windows. coba restar dan masuk pakai safe mode juga tidak mempan. coba restar terus tekan tombol "F8" berulang-ulang untuk masuk ke safe moda commant tapi ngga bisa.
coba restar lagi tekan lagi tombol "F2" untuk booting. saya booting dan masukan CD instal untuk windows.
dengan cara restar kemudian tekan tombol "F2" muncul tampilan booting saya ke menu boot untuk mengganti booting pertama dengan CD/DVD room. setelah diganti kemudian saya tekan tombol "F10" untuk keluar dan simpan konfigurasi yang telah saya rubah tadi.
kemudian saya matikan lagi leptop dan biarkan dengan harapan leptop tersebut akan otomatis instal melalui CD yang talah saya masukan. namun ternyata tidak bisa tetap saja ke tampilan BLANK hanya muncul kursor.
kemudian saya restar lagi lalu takan tombol "F8" berkali-kali hingga mucul pilihan lalu saya pilih repair windows. kemudian sistim proses repair windows otomatis. setelah repair kemudian muncul pilihan repair sistem dan lain-lain saya pilih repair sistym kembali setelah selesai saya coba restar dan saya biarkan. ternyata setelah repair belum juga selesai masalahnya. tampilan seperti semula masi saja seperti itu.
saya coba berulang-ulang dengan harapan agar jangan dulu instal baru. ternyata memang harus intal baru.
lalu bagaimana cara supaya saya bisa isntal baru.
begini caranya. kalu muncul lagi tampilan layar blank dan hanya ada kursor yang terlihat tekan "ctrl+alt+del" disebelah kanan bawa akan muncul tombol yang kalau kita klik akan muncul "shutdown, restart, sleep" pilih restart dan biarkan leptop sampai mati. jika leptop mati tekan tombol "F8" berulang-ulang hingga muncul pilihan "repair windows, safe mode, safe mode command, dll. pilih saja repair windows biarkan sampai selesai hingga muncul beberapa menu pilihan klik menu yang paling bawa bergambar seperti tampilan dos. "command Prompt"

setelah klik akan muncul laman dos.. sekekarang harus masukan drive CD. kalau leptop kamu punya 3 partisi pasti DRIVE CDnya ada pada drive F. tapi kalo kamu cuma punya dua partisi berarti Drive CDnya ada di E.. tau coba saja ketik F: kemudian enter bila telah muncul F:> (kalo tidak salah) ketik lagi dir.. lihat apa yang muncul.. kalu filnya benar serpti yang terisi di dalam CD instal (eh sobat langkah ini berarti CD instalnya sudah kaliam masukan ka CDroom ya.. masukan sejak awal pembahasan) lalu ketik "setup" lalu enter .. secara otomatis leptop akan membaca instal dari CD room yang telah kalian masukan..
lalu perhatikan langkah selanjutnya ya.. semoga berhasil..

No comments:

Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda