Wednesday, January 31, 2018

PENGADILAN NEGERI DATARAN HUNIMOA (PN DATARAN HUNIMOA) BULA SBT

Dalam rangka pemerataan kesempatan memperoleh keadilan dan peningkatan pelayanan hukum kepada masyarakat demi tercapainya penyelesaian perkara dengan sederhana, cepat dan biaya ringan perlu membentuk Pengadilan Negeri Dataran Hunimua.





Landasam imilah yang merupakan satu dasar pembentukan Pengadilan Negeri Dataran Hunimu yang ditetapkan dengan Keputusan Presiden Nomor 18 Tahun 2016. TENTANG PEMBENTUKAN PENGADILAN NEGERI DATARAN HUNIPOPU, PENGADILAN NEGERI DATARAN HUNIMOA, PENGADILAN NEGERI SANANA DAN PENGADILAN NEGERI BOBONG.
Pengadilan-pengadilan negeri baru ini rencananya akan diaktifkan pada tahun 2018 ini. hal lebih diperjelas lagi dengan telah ditempatkan 9 orang CAKIM atau Calon Hakim untuk menempati Pengadilan Negeri Dataran Hunimua. Sudah menjadi sebuah ketentuan bahwa setiap peserta yang baru saja lulus seleksi HAKIM akan diangkat menjadi HAKIM setelah bertugas kurang lebih selama 2 - 4 tahun sebagai cakim terlebih dahulu. Tugas CAKIM sendiri sema halnya dengan pegawai negeri biasa, tapi mereka lebih cendrung bekerja pada bagian kepaniteraan dari pada di bagian kesekretariatan di sebuah Pengadilan Negeri.
Pegadilan Negeri Dataran Hunimua sendiri berada dalam wilayah Kabupaten Seram Bagian Timur Provinsi Maluku dengan ibu Kota Kabupaten Sekarang adalah di Desa Bula. Untuk Ke Desa Bula dapat menggunakan beberapa moda transportasi, baik darat, laut maupun udara. waktu yang ditempuh bila melalui jalur darat adalah kurang lebih 12 jam dengan memanfaatkan mobil lintas bula, namun bisa juga melalui Kota Masohi yakni dengan menggunakan kapal cepat dalam waktu tempuh 2 jam dan dilanjutkan dengan menggunakan mobil rental dari masohi kabupaten Maluku Tengah ke Desa Bula Kab. Seram bagian Timur kurang labih memakan waktu tempuh 6 - 8 jam perjalanan.
Pengadilan Negeri Dataran Hunimua sendiri saat ini belum terbentuk secarah penuh, walau Keputusan Presiden mengenai pembentukan Pengadilan ini sudah di keluargkan sejak tahun 2016 lalu namun sampai sekarang pengadilan negeri tersebut belum dioperasionalkan oleh Mahakamah Agung. Mengenai pembentukannya Ketua Pengadilan Negeri Masohi telah membangun koordinasi dengan pemerintah daerah setempat dalam hal penyiapan sarana prasarana yang dibutuhkan untuk pengoperasiannya.
Pengadilan Negeri Dataran hunimua harus disambut dengan baik dan sebaik-baiknya oleh pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur, agar penyetaraan hukum atau agar masyarakat di Kebupaten Seram Bagian Timur dapat terlayani untuk setiap permasalah hukumnya. Selama ini setiap perkara hukum yang ada di Kabupaten Seram Bagian Timur diserahkan ke Pengadilan Negeri Masohi sebagai satu-satunya lembaga hukum peradilan yang ada di Pulau seram ini, sehingga hukum dirasakan sungguh mahal harganya.
Ada kemungkinan semua pegawai yang telah ditempatkan di Pengadilan Negeri Dataran Hunimua akan menjalankan tugas sementara di Pengadilan Negeri Masohi sampai Pengadilan tersebut sudah bener-benar siap dioperasikan atau bisa saja mereka langsung menempati kantor Pengadilan Negeri Dataran Hunimua sambil penyempurnaan operasioanl Kantor tersebut.