Wednesday, January 31, 2018

PENGADILAN NEGERI DATARAN HINIPOPU (PN DATARAN HUNIPOPU) PIRU SBB

Keputusan Presiden Nomor 18 Tahun 2016. TENTANG PEMBENTUKAN PENGADILAN NEGERI DATARAN HUNIPOPU, PENGADILAN NEGERI DATARAN HUNIMOA, PENGADILAN NEGERI SANANA DAN PENGADILAN NEGERI BOBONG. Pengadilan Negeri tersebut dibentuk dengan landasan sabagai pemerataan kesempatan memperoleh keadilan dan peningkatan pelayanan hukum kepada masyarakat demi tercapainya penyelesaian perkara dengan sederhana, cepat dan biaya ringan. Untuk itu diperlukan  pembentuk Pengadilan Negeri Dataran Hunipopui.
Pengadilan Negeri dataran Hunipopu terletak di Kabupaten Seram Bagian Barat tepatnya di Ibu Kota Kabupaten sementara yakni di Desa Piru.





Kabupaten Seram Bagian Barat memiliki jarak tempuh dari ibu kota Provinsi Maluku yang cukup terjangkau, Jarak yang dekat dengan ibu kota dan dengan berbagai jenis transportasi yang ada sehingga Desa Piru atau Ibu Kota Kabupaten SBB ini cukup mudah dijankau. dengan mobil kita membutuhkan waktu tempuh sekitar 3 - 5 Jam Perkajalan yang terdiri dari 1 jam perjalanan dari ibu kota provinsi ke pelabuhan penyeberangan waktu 2 jam perjalanan penyeberangan dengan kapal ferry dan 1 - 2 jam perjalanan dari dermaga ferry menuju ibu kota kabupaten di Piru.
Sebanyak 9 orang CAKIM atau Calon Hakim ditempatkan oleh Mahkamah Agung di Pengadilan Negeri Dataran Hunipopu, dengan penempatan ini dapat disimpulkan bahwa Pengadilan Negeri Dataran Hunipopu kemungkinan akan di operasionalkan pada rahun ini juga (tahun 2018), Tugas CAKIM dalam penempantan ini adalah sebagai pegwai bisa hingga pengangktan lebih resmi sebagai hakim. kaerna sebelum menjalani tugas hakim para CAKIM_CAKIM ini akan di bina terlebih dahulu selama kurang lebih 2 - 4 tahun.
Pengadilan Negeri Dataran Hunipopu saat ini belum terbentuk  dan sampai sekarang pengadilan negeri tersebut belum dioperasionalkan oleh Mahakamah Agung. Ketua Pengadilan Tinggi Ambon melalui Ketua Pengadilan Negeri Masohi telah membangun koordinasi dengan pemerintah daerah setempat dalam hal penyiapan sarana prasarana yang dibutuhkan untuk pengoperasiannya.
Pengadilan Negeri ini harusnya disambut baik oleh pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat, Hal ini tentu untuk menjawab kebutuhan masyarakat Seram Bagian Barat dalam penegakan supermasi hukum di wilayah tersebut. semoga Pengadilan Negeri Dataran Hipupo mendapat prioritas dari Pemeritah Daerah agar permasalah hukum di Kab. SBB dapat tertangani dengan baik.

Masyarakat Kebupaten Seram Bagian Barat selama menjalani persidangan di PN Masohi, sehingga beranggapan bahwa hukum itu sangatlah mahal harganya. hal ini tentu dirasakan oleh masyarakat setempat karena deri lokasi mereka tinggal dengan tempat persidangan mencapai ratusn kilometer. untuk itu dengan adanya Pengadilan Negeri Dataran Hunipopu ini tentu akan memberikan dampak yang sangat baik bagi masyarakat pencari keadilan yang berada di Kab. Seram Bagian Barat.

Bisa saja semua pegawai yang telah ditempatkan di Pengadilan Negeri Dataran Hunipopu akan menjalankan tugas sementara di Pengadilan Negeri Masohi sampai Pengadilan tersebut sudah bener-benar siap dioperasikan atau bisa saja mereka langsung menempati kantor Pengadilan Negeri Dataran Hunipopu sambil penyempurnaan operasioanl Kantor tersebut.