Saturday, February 3, 2018

PROFIL KECAMATAN TANIWEL TIMUR SERAM BAGIAN BARAT


1.1. Letak dan Batas Wilayah

Wilayah Kecamatan Taniwel Timur berada pada Wilayah Pulau Seram, dimana pada bagian Utara berbatasan dengan Laut Seram, sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Inamosol dan Kecamatan Elpaputih, sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Maluku Tengah, dan sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Taniwel.
1.2. Luas dan Jarak
Desa yang memiliki luas wilayah terbesar di Kecamatan Taniwel Timur adalah Desa Lumahpelu sebesar 100,19 Km2 dan terkecil adalah Desa Lumahlatal 25,76 Km2.
1.3. Kependudukan

Penduduk Kecamatan Taniwel Timur adalah semua orang yang berdomisili di wilayah teritorial Kecamatan Taniwel Timur selama 6 bulan atau lebih dan atau mereka yang berdomisili kurang dari 6 bulan tetapi bertujuan menetap.
Tercatat bahwa jumlah penduduk di Kecamatan Taniwel Timur tahun 2016 ialah sebanyak 5.526 jiwa. Rasio jenis kelamin sebesar 106 berarti setiap 100 jiwa penduduk perempuan terdapat 106 jiwa penduduk laki-laki.
Desa Souhuwe memiliki jumlah penduduk terbesar yaitu 550 jiwa dengan rasio jenis kelamin sebesar 116. Desa dengan penduduk terkecil yaitu desa Maloang sebanyak 73 jiwa, dengan rasio jenis kelamin sebesar 103.

1.4. Pendidikan
Banyaknya sarana pendidikan di kecamatan Taniwel Timur sampai dengan tahun 2015, tercatat sebanyak 8 buah Sekolah Dasar (SD), 3 buah Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan 1 buah Sekolah Menengah Atas/ Kejuruan/ Madrasah Aliyah (SMA/SMK/MA). Sementara itu, rasio jumlah murid terhadap guru untuk tingkat SD sebesar 8, yang berarti rata­rata satu orang guru bertanggung jawab terhadap pendidikan 8 orang anak muridnya. Untuk SMP sebesar 8, sedangkan untuk SMA/SMK sebesar 13.





1.5. Kesehatan dan Keluarga Berencana 4.2.1. Kesehatan
Pembangunan yang dilakukan pemerintah pada hakekatnya bertujuan agar masyarakat mencapai kesejahteraan. Salah satu cara untuk mencapai kesejahteraan rakyat dengan memberikan hak untuk hidup sehat. Untuk
memberikan hak tersebut maka pemerintah harus menyediakan fasilitas kesehatan yang berkualitas dan terjangkau bagi masyarakat. Dalam rangka tercapainya tujuan tersebut, maka didalam pembangunan Sektor Kesehatan di Kecamatan Taniwel Timur dari tahun ke tahun, diarahkan kepada perbaikan dan peningkatan berbagai sarana dan
prasarana fasilitas kesehatan, baik kuantitas maupun kualitasnya sesuai dengan perkembangan kebutuhan, di antaranya seperti : Rumah Sakit/Bersalin, Balai Pengobatan, Puskesmas dan Puskesmas Pembantu, Tenaga Dokter, Tenaga Paramedis dan sebagainya.
Tahun 2016, Kecamatan
Taniwel Timur memiliki 1 buah Puskesmas dan 2 buah Puskesmas Pembantu. Tenaga kesehatan di Kecamatan Taniwel Timur pada tahun 2016 terdiri dari 9 orang perawat.
1.6. Keluarga Berencana
Program Keluarga Berencana (KB) yang dicanangkan pemerintah, merupakan salah satu upaya mengendalikan angka kelahiran di antaranya melalui penggunaan alat kontrasepsi secara teratur dan berkesinambungan. Dalam pencapaian akseptor aktif maupun akseptor baru, pencapaian per mix kontrasepsi terbanyak untuk tahun 2016, yaitu suntik dan pil.

1.7. Pertanian
Tanaman sayuran semusim adalah tanaman sumber vitamin, garam mineral dan lain-lain yang dikonsumsi dari bagian tanaman yang berupa daun, bunga, buah, dan umbinya, yang berumur kurang dari satu tahun.
Tanaman buah-buahan semusim adalah tanaman sumber vitamin, garam mineral, dan lain-lain yang dikonsumsi dari bagian tanaman yang berupa buah berumur kurang dari satu tahun, tidak berbentuk pohon/rumpun tetapi menjalar dan berbatang lunak
Tanaman buah-buahan tahunan adalah tanaman sumber vitamin, garam mineral, dan lain-lain yang dikonsumsi dari bagian tanaman yang berupa buah dan merupakan tanaman tahunan.
Tanaman sayuran tahunan adalah tanaman sumber vitamin, garam mineral, dan lain-lain yang dikonsumsi dari bagian tanaman yang berupa daun dan atau buah yang berumur lebih dari satu tahun.
     Luas panen tanaman hortikultura adalah luas tanaman sayuran, buah-buahan, biofarmaka, dan tanaman hias yang diambil hasilnya/dipanen pada periode pelaporan.
          Luas panen untuk tanaman sayuran adalah luas tanaman yang dipanen sekaligus/habis/dibongkar dan luas tanaman yang dipanen berkali-kali (lebih dari satu kali)/belum habis. Tanaman yang dipanen sekaligus/ habis/dibongkar adalah tanaman yang sehabis    panen   langsung
dibongkar/dicabut, terdiri dari bawang merah, bawang putih, bawang daun, kentang, kol/kubis, kembang kol, petsai/sawi, wortel, lobak, dan kacang merah.
Tanaman yang dipanen berkali-kali (lebih dari satu kali)/belum habis adalah tanaman yang pemanenannya lebih dari satu kali dan biasanya dibongkar apabila panenan terakhir sudah tidak memadai lagi, terdiri dari: kacang panjang, cabe besar, cabe rawit, jamur, tomat, terung, buncis, ketimun, labu siam, kangkung, bayam, melon, semangka, dan blewah.
Produksi hortikultura adalah hasil menurut bentuk produk dari setiap tanaman sayuran, buah-buahan, biofarmaka dan tanaman hias yang diambil berdasarkan luas    yang dipanen/tanaman yang menghasilkan pada bulan/triwulan laporan.
1.8.  Pertanian Hortikultura
Produksi Buah-buahan di Kecamatan Taniwel Timur selama tahun 2016 seperti tercatat sebanyak 14.532,1 ton dengan rata-rata produksi 11,99 ton/ha. Produksi sayur-sayuran di Kecamatan Taniwel Timur selama tahun 2016 seperti tercatat sebanyak 2.411,7 ton dengan rata-rata produksi 9,8 ton/ha.
1.9. Peternakan
Populasi ternak di Kecamatan Taniwel Timur selama tahun 2016 ialah tercatat Sapi ada sebanyak 850 ekor, dan kambing 255 ekor. Sed angkan untuk populasi unggas tercatat bahwa terdapat 7.517 ekor ayam buras.





1.10. Perkebunan
Perkebunan di Kecamatan Taniwel Timur hanya beberapa komoditi diantaranya Kelapa dengan luas area tanaman 1.289 Ha, Cengkih dengan luas area tanaman 437 Ha, serta Pala, Coklat dan Sagu masing-masing memiliki luas area tanaman sebesar 270, 950 dan 65 Ha

1.11. Perikanan
Selama tahun 2016, banyaknya Nelayan Ikan di Kecamatan Taniwel Timur yaitu 857 orang, dengan Nilai Produksi berjumlah Rp 999.696.000 yaitu dari perikanan laut (tangkap).

1.12. Transportasi

          Kendaraan bermotor adalah setiap kendaraan yang digerakkan oleh peralatan teknik yang ada pada kendaraan tersebut, biasanya digunakan untuk angkutan orang atau barang di atas jalan raya selain kendaraan yang berjalan di atas rel. Kendaraan bermotor yang dicatat adalah semua jenis kendaraan kecuali kendaraan bermotor TNI/Polri dan Korps Diplomatik.
            Mobil penumpang adalah setiap kendaraan bermotor yang dilengkapi dengan tempat duduk untuk sebanyak-banyaknya delapan orang, tidak termasuk tempat duduk untuk pengemudi, baik dilengkapi atau tidak dilengkapi bagasi.
Mobil bis adalah setiap kendaraan bermotor yang dilengkapi dengan tempat duduk untuk lebih dari delapan orang, tidak termasuk tempat duduk untuk pengemudi, baik dilengkapi atau tidak dilengkapi bagasi.
.Mobil truk adalah setiap kendaraan bermotor yang digunakan untuk angkutan barang, selain mobil penumpang, mobil bis dan kendaraan bermotor roda dua

1.13. PARIWISATA
Sektor Kepariwisataan di Kecamatan Taniwel Timur hingga tahun 2016 memiliki satu obyek wisata yakni Danau Tapala sebagai jenis wisata alam yang terletak di Desa Hatunuru.




Sumber : Data BPS

No comments:

Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda